Pengertian dan Hakikat Penelitian

Pengertian dan Hakikat Penelitian

Eureka Pendidikan. Penelitian adalah sebuah bentuk keharusan yang dimiliki akademisi. Secara sederhana penelitian dapat dikatakan sebuah syarat untuk menyelesaikan tingkat studi pendidikan tinggi. Skripsi untuk tingkat pendidikan Srata 1, thesis untuk strata, 2 dan Disertasi untuk Strata 3. Ketiga tingkatan pendidikan tersebut dapat diselesaikan jika mahasiswa telah menyelesaikan sebuah penelitian. Akan tetapi sebenarnya sebuah penelitian adalah sebuah bentuk upaya manusia untuk menemukan sebuah solusi dari sebuah masalah atau untuk menemukan sesuatu yang baru dapat mempermudah dan meningkatkan kualitas hidupnya.

Pada zaman dahulu kala sebelum ada kendaraan modern seperti sekarang, Para pendahulu kita telah berusaha untuk menemukan sebuah alat yang dapat meringankan kerja manusia untuk berpindah tempat. James Watt melalui penelitian dan pengembangan konsep fisika dan tuas akhirnya berhasil menemukan mesin penggerak roda pertama yang disebut mesin uap. Mesin ini digunakan untuk menggerakkan kincir pada sebuah kapal uap.

Sebuah penelitian tidak hanya didasari oleh kajian saintis, akan tetapi semua aspek yang ada di muka bumi mulai dari bintang yang jauh disana sampai dengan tingkat partikel yang yang ada pada atom. Tidak hanya masalah sains, penelitian juga dapat digunakan untuk mengkaji fenomena sosial dan juga perilaku individu.

Dalam ilmu filsafat, khusunya bagian aksiologi mengemuakan bahwa salah satu cara yang digunakan untuk memeproleh kebenaran adalah dengan melakukan sebuah penelitian. Penelitian dilakukan dengan melakukan pendekatan empiris yang mengandalkan indera (sensing) dan juga rasionalisme (Thinking). Penelitian memebrikan jalan bagi mnausia dari yang awalnya tidak tahu sampai akhirnya mengetahui. Meskipun penelitian bukanlah satu-satunya cara memperoleh kebenaran, akan tetapi penilitian dianggap upaya yang paling efektif untuk menemukan sesuatu yang baru bagi manusia. Sebagai contoh cara lain yang digunakan untuk memperoleh kebenaran adalah: Pengalaman, Otoritas, Cara berfikir deduktif dan cara berfikir induktif.


Trial and Error.

Thomas alfa Edison adalah seorang yang namanya sngat terkenal yang meberikan insipirasi mengenai trial dan error. Bola lampu yang ditemukan oleh Edison bukan sebuah penelitian yang menggunakan pendekatan ilmiah akan tetapi hanya berdasarkan trial and error yang dilakukan berkali-kali hingga medapatkan sebuah bentuk yang jelas dari pembuatan bohlam. Hal yang dilakukan oleh edison hampir mirip yang dilakukan oleh seorang koki untuk mendapatkan resep yang baik dari sebuah pizza yang dibuatnya. Metode Trial and Error ini kemudian dikembangkan dan dimodifikasi oleh Curt Lewin dan akhirnya mengenalkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Penelitian

Penelitian tidak lain adalah art of science untuk menemukan jawaban dari permasalahan yang ada. Karena penelitian adalah seni dan ilmiah, penelitian akan meberikan ruang yang sangat luas mengenai sebuah objek penelitian. Hal ini memungkinkan perbedaan antara sebuah penelitian yang dilaukan oleh peneliti yang berbeda.

Penelitian dapat juga diartikan sebagai iinquiryata cara pengamatan dan memiliki tujuan untuk mencari jawaban dari permesalahan. Jawaban yang ditemukan dapat saja bersifat Discovery atau bersifat Invention. Discovery adalah sebuah hasil penelitian yang pada dasarnya telah ada sebelumnya akan tetapi belum ada pegkajian mengenai hal yang ditemukan sebelumnya. Misalnya penemuan benua Amerika adalah sebuah penelitian yang bersifsat discovery. Sedangkan untuk sebuah penelitian Invention bersifat belum pernah ada sebelumnya. Misalnya sebuah penelitian mengenai kloning dan bayi tabunng dari hewan yang telah punah.

Penelitian memiliki tingkat kompleksitas yang lebih lengkap dan ilmiah. Pada sebuah penelitian terdapat pendekatan ilmiah yang menggabungkan banyak aspek. Penelitian dilakukan dalam bentuk formal dan intensif. Sifat ini membuat penelitian harus dilakukan dengan aturan, urutan dan cara penyajian yang khusus. Hal ini bertujuan untuk membuat hasil penelitian meliki makna yang luas dapat digunakan oleh orang lain yang tidak melakukan penelitian (pemerhati dan pengguna) ataupun menjadi dasar bagi penelitian lain.

Di dalam pelaksanaan, khususnya pada bidang pendidikan. Sebuah penelitian memiliki beberapa tahapan yaitu :

Tahapan memilih masalah,- Suatu penelitian diawali dengan pertanyaan yang berkaitan dengan persoalan yang dirasa cukup penting untuk dijadikan sebuah masalah penelitian. Selain itu masalah tersebut juga harus bisa dijawab dengan melalui penyelidikan ilmiah dan masalah tersebut harus belum ada jawabannya.

Tahapan analisis,- Setelah mendefinisikan masalah, tahapan selanjutnya yaitu tahapan analisis. Di sini diperlukan adanya kajian mendalam mengenai hasil suatu penelitian yang sebelumnya. Tahapan tersebut berguna untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang masalah penelitian tersebut supaya bisa memberikan latar belakang yang jelas.

Tahapan pemilihan strategi serta memilih instrumen,- Pada masalah yang telah dipilih, ada yang membutuhkan eksperimen dan ada juga yang mungkin bisa diatasi dengan menggunakan strategi penelitian deskriptif.

Tahapan pengumpulan dan penafsiran data,- Untuk hipotesis yang dicapai dengan menggunakan deduksi memang perlu diuji terlebih dahulu. Sehingga dalam tahapan ini diperlukan pengumpulan data dan setelah dikumpulkan maka data selanjutnya dianalisis. Dan yang terakhir peneliti melakukan penafsiran dari hasil penelitian.

Tahapan melaporkan hasil suatu penelitian,- Jadi hasil dari penelitian tersebut harus dilaporkan kepada kalangan akademis supaya hasilnya benar-benar bisa dipertanggungjawabkan supaya bisa memberikan kontribusi berarti dari hasil penelitian tersebut.

0 Response to "Pengertian dan Hakikat Penelitian"

Poskan Komentar