Pengertian Hasil Belajar

Pengertian Hasil Belajar

Hasil pada dasarnya merupakan sesuatu yang diperoleh dari suatu aktivitas atau sesuatu yang dihadapi dari usaha yang dilakukan, sedangkan belajar merupakan suatu proses yang mengkibatkan perubahan pada individu, yakni perubahan tingkah laku. Belajar merupakan kegiatan setiap seseorang terbentuk. Seseorang dikatakan belajar apabila pada orang tersebut terjadi suatu kegiatan yang menyebabkan munculnya perubahan tingkah laku, jika perubahan tingkah laku itulah yang menjadi salah satu indikator yang dijadikan pedoman untuk mengetahui tujuan individu atau siswa yang telah diperoleh di sekolah, jadi perubahan tingkah laku ini diamati dan berlangsung dalam tenggang waktu yang lama. Banyak kegiatan yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan hasil, semuanya tergantung dari kesenangan setiap individu.
 

Syaiful (2003:11) mengemukakan bahwa belajar merupakan komponen ilmu pendidikan yang berkenaan dengan tujuan dan bahan acuan interaksi, baik yang berupa eksplisit maupun implisit (tersembunyi)”. Belajar dapat dipahami sebagai berusaha atau berlatih supaya mendapat suatu kepandaian. Dalam implementasinya, belajar adalah kegiatan individu memperoleh pengetahuan, perilaku, dan kterampilan dengan cara mengolah bahan belajar.
 
Pengertian belajar juga dikemukakan oleh Syaipul Djamari, bahan belajar adalah proses perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan. Artinya, tujuan kegiatan adalah perubahan tingkah laku, baik yang menyangkut pengetahuan, keterampilan, maupun sikap; bahkan meliputi segenap aspek organisme atau pribadi.
 
Selanjutnya beberapa ahli mengemukakan batasan belajar diantaranya adalah Slameto (2003:2), menyatakan bahwa :

“Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu tingkah laku baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”.
 
Dari beberapa pengertian tentang belajar di atas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu perubahan, sedangkan perubahan itu diperoleh dari hal-hal yang menyangkut penguasaan setiap keterampilan, pengethuan baik melalui lembaga formal maupun lembaga non formal dan memiliki siri khas tersendiri.
 
Menurut Benyamin S. Bloom (1996:7) ada tiga ranah hasil belajar yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari anak atau siswa dan faktor yang berasal dari lingkungan. Hasil belajar siswa dalam bidang studi tertentu dapat diketahui dengan jalan melakukan pengukuran yang dikenal dengan istilah pengukuran hasil belajar. Hasil belajar dapat diukur dengan menggunakan tes hasil belajar.

0 Response to "Pengertian Hasil Belajar"

Poskan Komentar