Statistik Penelitian dan Jenis-Jenis Statistik Penelitian

Statistik Penelitian dan Jenis-Jenis Statistik Penelitian

Eureka Pendidikan. Statistika adalah sebuah ilmu yang mempelajari tata cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan sekumpulan data. Statistika meruapakan ilmu yang berkenaan dengan data. Secara Etimologi 'statistika' (statistics) memiliki makna yang berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan data, sedangkan statistik adalah sekumpulan data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada sekumpulan data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas.


Sugiono (2012) memaparkan bahwa salah satu bagian penting dari penelitian adalah pembuatan kesimpulan dan pembahasan dari kumpulan data mengenai sebuah objek penelitian. Sekumpulan data dalam arti sempit adalah statistik, sedangkan statistik dalam arti luas adalah sebuah alat yang digunakan untuk menarik kesimpulan dan membuat keputusan berdasarkan data yang ada.

Statistik dalam penelitian kuantitatif dapat dikelompokkan dalam dua bagian yakni statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial. Selanjutnya berdasarkan distribusi data yang ada, Statistik Inferensial dibedakan menjadi Statistik Parametris dan Statistik Non-Parametris. 

Statistik Deskriptif

Statistik deskriptif adalah sebuah metode statistik yang bertujuan untuk menggambarkan statistik penelitian. Akan tetapi penggunaan statistik deskriptive terbatas pada gambaran mengenai sebuah objek penelitian tanpa adanya tujuannya memberikan generalisasi atau kesimpulan yang lebih luas. Pada data yang diambil dari sampel juga dapat dilakukan analisis statistik deskriptif, tetapi peneliti tidak bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku pada populasi dimana sampel diambil. Teknik kolerasi dan regeresi juga dapat digunakan untuk analasis statistik deskriptif dalam sebuah penelitian. 

Statistik Inferensial
Statistik Inferensial adalah jenis statistik yang digunakan untuk meberikan gambaran yang berlaku pada populasi berdasarkan analisis data yang diambil melalui sampel. Distribusi data yang ada pada sampel di hitung sehingga didapatkan pola yang sama pada populasi dimana sampel diambil. Statistik Inferensial sangat erat kaitannya dengan bentuk distribusi data. Pada data yang yang terdistribusi normal digunakan statistik paramteris dan untuk data yang terdistribusi bebas digunakan statistik Non Paramatris. Beberapa ahli berpendapat, meskipun non Parametris dapat digunakan dinakan untuk semua jenis distribusi data dan tanpa syarat apapun, Statistik Parametris memberikan gambaran yang baik mengenai data yang terdistribusi Normal dibandingkan dengan hasil yang ditunjukkan non Parametris.

0 Response to "Statistik Penelitian dan Jenis-Jenis Statistik Penelitian"

Poskan Komentar