Pengertian statistik dan statistika

Pengertian statistik dan statistika

Eureka Pendidikan. Statistika adalah sebuah metode ilmiah yang digunakan untuk mengumpulkan, mengorganisasikan, meringkus, menyajikan ataupun menganalisis data. Tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran yang terperinci mengenai karakteristik data itu sendiri. Data data tersebut digunakan dalam mengambil kesimpulan mengani nilai yang terkandung dalam kumpulan objek yang datanya telah diambil. Dalam bukunya sudjana mendefinisikan statistik sebagai pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengelolaan, penganalisisan dan tata cara penarikan kesimpulan berdasarkan sekumpulan data. Sedangkan Statistik adalah merupakan hasil data, kumpulan data yang berupa bilangan maupun non bilangan yang diperoleh dari pengumpulan data selanjutnya akan di kolela dan diperoleh dari proses statistika.



Lebih jauh mengenai ilmu statistik. Statistik dibedakan ke dalam dua jenis. Yakni yang pertama adalah gambaran atau rincian  data yang sudah disajikan dalam bentuk angka, bilangan, grafik, tabel dan gambar-gambar sebagai hasil dari proses statistika. Sebagai contoh Statistik penduduk, Statistik harga, statistik prosduksi dan sebagainya. Kemudian yang kedua, Statistik digunakan untuk merepresentasikan ukuran sebagai wakil dari kumpulan data mengenai sebuah objek. Ukuran ini dapat berupa perhitungan mengenai kumpulan data yang telah diambil dari sebagian objek (sample) atau seluruh data yang ada pada objek (populasi). Oleh karena itu dalam statistik banyak terdapat istilah rata-rata, variansi yang merupakan hasil dari proses statistik mengenai data. Istilah ini tidak memberikan data yang tepat melainkan gambaran mengenai objek dengan tingkat kesalahan yang juga ikut diperhitungkan.

Pengertian statistik dari berbagai aspek
Lebih detail mengenai istilah statistik, secara sederahana statistik dapat dibagi ke dalam tiga kelompok yakni:
  1. Statistik sebagai data atau angka, yakni statistik merupakan kumpulan angka-angka yang diperoleh dari hasil penelitian berulang-ulang untuk tujuan yang telah ditetapkan. Angkanya disebut data/angka statistik
  2. Statistik sebagai metode, yaitu cara yang digunakan untuk mengumpulkan, mengorganisir, menyusun, menyajikan dan menganalisis data angka yang telah dihimpun, serta menarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis.
  3. Statistik sebagai ilmu pengetahuan, yaitu ilmu yang mempelajari dan mengembangkan teknik-teknik analasis data dengan cara statistik.
Berkaitan dengan definisi diatas, statistik merupakan sebuah metode ilmiah yang digunakan untuk menarik kesimpulan, menentukan sebuah perkiraan dan membuat sebuah ramalan berdasarkan data yang ada.

0 Response to "Pengertian statistik dan statistika"

Poskan Komentar