Jenis-jenis Statistika

Jenis-jenis Statistika

Sebagaimana yang telah dipahami, statistika merupakan ilmu atau metode yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan, menganalisis data dan mengambil kesimpulan berdasarkan data. Karena beragam displin ilmu yang ada yang memiliki karakteristik masing-masing, pada akhirnya statistika berkembang menjadi berbagai jenis. Secara umum, jenis-jenis statistika adalah sebagai berikut: 

a.Berdasarkan orientasi pembahasan, Statistika dapat dibedakan menjadi dua yakni Statistika Matematika dan Statistika Terapan. Statistika matematika sama halnya dengan statistika teori yakni lebih mengutamakan pada pemahaman akan model, penurunan konsep dan rumus-rumus statistika secara matematis-teoritis, seperti pemahaman dan penggunaan uji-t, uji normalitas, analisis regresi, uji homogenitas, galat, dan lain-lain. Sedangkan, Statistika terapan lebih mengutamakan pada pemahaman konsep dan teknik-teknik statistika serta penguunaannya atau penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu (lebih spesifik) seperti, Statistika Sosial. 

b.Berdasarkan fase atau tujuan analisisnya, Statistika dapat dibedakan menjadi dua yakni, Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensial. Statistika deskriptif berkenaan dengan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data tanpa pengambilan kesimpulan yang bersifat umum atau generalisasi.  Data pada statistika deskriptif disajikan dalam bentuk tabel, diagram, grafik, lingkaran, polygon, perhitungan mean, median, modus, persentil, desil, perhitungan penyebaran data melalui perhitungan rata-rata dan standar deviasi, perhitungan prosentase. Dapat juga melakukan analisis korelasi, analisis regresi atau membandingkan rata-rata namun tidak dilakukan uji signifikansi. Sedangkan, Statistika inferensial memungkinkan dilakukannya pengambilan kesimpulan secara general. 

c.Dilihat dari asumsi mengenai distribusi populasi data yang dianalisis, Statistika dapat dibedakan menjadi Statistika parametrik dan Statistika non-parametrik. Statistika parametrik merupakan statistika yang didasarkan model distribusi normal, sedangkan Statistika non-parametrik merupakan statistika dengan teknik-teknik yang tidak didasarkan pada model distribusi normal atau distribusi bebas. 

d.Berdasarkan jumlah variabel terikat, Statistika dapat dibedakan atas Statistika Univariat dan Statistika Multivariat. Statistika Univariat melibatkan hanya satu variabel terikat, sedangkan Statistika Multivariat memiliki lebih dari satu variabel terikat. 

0 Response to "Jenis-jenis Statistika"

Posting Komentar