Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan Guru dalam Pembelajaran Tematik Integratif

Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan Guru dalam Pembelajaran Tematik Integratif


Eureka Pendidikan –  Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang diterapkan pada jenjang sekolah dasar. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang memadukan berbagai macam mata pelajaran dengan tema yang sama. Mengapa pembelajaran tematik cocok diterapkan di jenjang sekolah dasar? Karena pada jenjang sekolah dasar karakteristik peserta didiknya masih memandang sesuatu secara holistik.

Untuk dapat menerapkan pembelajaran tematik di jenjang sekolah dasar, beberapa hal yang perlu diterapkan oleh guru adalah sebagai berikut:

Memilih Tema yang dapat disesuaikan

Tema yang akan dipilih terdapat dalam dokumen kurikulum 2013 bagi sekolah yang masih menerapkan kurikulum 2013 ini. Guru dapat melakukan pemilihan tema yang akan dibelajarkan terlebih dahulu. Sejatinya penetapan tema haruslah disesuaikan dengan kondisi daerah, sekolah, peserta didik, dan guru di wilayahnya.

Langkah-langkah pembelajaran tematik


Melakukan Analisis SKL, KI, KD, membuat Indikator

Membca semua SKL, KI dan KD dari semua mata pelajaran, karena meskipun semua indikator sudah tersedia, guru dapat menambahkan indikator yang sesuai dengan tema yang sudah dipilihnya dengan mengikuti kriteria pembuatan indikator.

Melakukan pemetaan KD, Indikator dengan Tema

Setelah indikator selesai dibuat, kemudian guru melakukan pemetaan terhadap kompetensi dasar dan indikator yang berkaitan dengan tema yang sudah dipilih dan memasukkannya ke dalam format agar lebih memudahkan dalam penyajian pembelajaran dan pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Membuat Jaringan Kompetensi Dasar

Setelah dilakukan pemetaan KD, Indikator dengan tema dalam satu tahun, maka dilanjutkan dengan membuat jaringan KD dan Indikator dengan cara menurunkan hasil cek dari pemetaan ke dalam format jaringan KD dan Indikator.

Menyusun Silabus Tematik Terpadu

Langkah guru selanjutnya adalah menyusun silabus tematik untuk memudahkan guru melihat seluruh desain pembelajaran untuk setiap Tema sampai tuntas tersajikan di dalam proses pembelajaran.
Adapun komponen-komponen yang terdapat pada Silabus Tematik Integratif yakni:

  • Kompetensi Dasar (di ambil dari jaringan KD yang sudah terpilih)
  • Indikator( dibuat oleh guru, juga diturunkan dari jaringan)
  • Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian (memuat perencanaan penyajian untuk beberapa minggu Tema tersebut akan dibelajarkan, dan penilaian proses serta penilaian hasil yang wajib memuat penilaian dari aspek keterampilan, sikap, dan pengetahuan selama proses pembelajaran berlangsung)
  • Alokasi waktu (ditulis secara utuh komulatif satu minggu berapa jam pertemuan, misalnya 30Jp x 35 menit) x 4 minggu)
  • Sumber dan Media


Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Integratif(TI)

Menyusun RPP merupakan langkah terakhir dari sebuah perencanaan. Di dalam RPP TI tergambar proses penyajian secara utuh dengan memuat berbagai konsep mata pelajaran yang disatukan dalam Tema.
Adapun komponen-komponen yang termuat dalam RPP TI , meliputi :
1. Identitas :

  • Satuan Pendidikan
  • Kelas / Semester
  • Tema
  • Pertemuan ke-
  • Alokasi Waktu

2. Kompetensi Inti (KI)
3. Kompetensi Dasar (KD)
4. Indikator
5. Tujuan Pembelajaran
6. Materi Pembelajaran (meliputi berbagai mata pelajaran)
7. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
8. Langkah Pembelajaran
9. Sumber dan Media
10.  Penilaian (meliputi penilaian proses dan hasil, instrument dan rubric      dilampirkan)

0 Response to "Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan Guru dalam Pembelajaran Tematik Integratif"

Posting Komentar