Evaluasi Berbasis Web

Evaluasi Berbasis Web

Evaluasi, penilaian (asesmen), ujian, ataupun istilah lain yang relevan memang tidak dapat dipisahkan dari kualitas pendidikan, karena hasil-hasilnya merupakan salah satu indikator kualitas pendidikan suatu bangsa. Dalam kebijakan pemerintah, hasil ujian (ujian nasional) dijadikan sebagai indikator mutu pendidikan dasar dan menengah (Undang-undang Sisdiknas, 2003; Peraturan Pemerintah Nomor 19, 2005). Hal ini mengandung arti bahwa kegiatan evaluasi dan penilaian hasil belajar melalui ujian, baik ujian tingkat nasional, ujian tingkat regional, maupun ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan tertentu memerlukan mekanisme, prosedur serta instrumen penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, guna memenuhi akuntabilitas pendidikan dalam bentuk kualitas pendidikan nasional yang semakin baik.

Ni Made Sri Mertasari (2010) dalam penelitiannya yang berjudul Evaluasi Berbantuan Komputer, mengatakan bahwa evaluasi berbantuan komputer dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta menyarankan kepada pendidik lainnya untuk mencoba menerapkan model evaluasi berbantuan komputer sebagai model evaluasi alternatif, selain model evaluasi berbantuan cetakan.

Pembelajaran berbasis web merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs (website) yang bisa diakses melalui jaringan internet. Pembelajaran berbasis web atau yang dikenal juga dengan “web based learning” merupakan salah satu jenis penerapan dari pembelajaran elektronik (e-learning). Menurut Himpunan Masyarakat Amerika untuk Kegiatan Pelatihan dan Pengembangan (The American Society for training and Development/ASTD) (2009), mengemukakan definisi e-learning sebagai berikut.

E-learning is a broad set of applications and processes which include web-based learning, computer-based learning, virtual and digital classrooms. Much of this is delivered via the internet, intranets, audio and videotape, satellite broadcast, interactive TV, and CD-ROM. The definition of e-learning varies depending on the organization and how it is used but basically it is involves electronic means communication, education, and training.”

Definisi tersebut menyatakan bahwa e-learning merupakan proses dan kegiatan penerapan pembelajaran berbasis web (web-based learning), pembelajaran berbasis komputer (computer based learning), kelas virtual (virtual classrooms) dan/atau kelas digital (digital classroom). Definisi dari ASTD inilah yang banyak digunakan/dijadikan pedoman oleh institusi-intitusi pendidikan/penyedia layanan/perangkat lunak e-learning, contohnya learnframe.com yang menyediakan sistem manajemen e-learning, atau aplikasi Content Management System (CMS) e-learning MOODLE yang banyak digunakan oleh institusi pendidikan konvensional dalam kegiatan blended learning-nya.


evaluasi berbasis web e-learning

E-learning adalah segala aktivitas belajar yang menggunakan bantuan teknologi elektronik. E-learning juga dapat diaplikasikan dalam pendidikan konvensional dan pendidikan jarak jauh. Web-based learning merupakan salah satu bentuk e-learning yang materi (content) maupun cara penyampaiannya (delivered method) melalui internet (web). Web dapat menciptakan sebuah lingkungan belajar maya (Learning Environment). Salah satu nilai penting dari penggunaan web sebagai media web dilengkapi dengan hyperlink yang memungkinkan untuk mengakses informasi secara acak (non linear) yang berdampak pada kecepatan kita untuk memperoleh informasi yang ada di dalam web. (Rusman dkk,  2011:263-265)

Dalam proses pembelajaran terdapat proses akhir yakni proses evaluasi pembelajaran. Kegiatan evaluasi dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh guru.  Dengan berbantuan web, evaluasi pembelajaran akan lebih mudah dilakukan baik oleh guru maupun oleh siswa. Secara umum, evaluasi pembelajaran berbasis web adalah kegiatan evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan alat evaluasi yang didukung oleh perangkat web. Alat evaluasi akan terintegrasi dengan menggunakan aplikasi Content Management System (CMS) e-learning MOODLE. Aplikasi Content Management System (CMS) e-learning MOODLE adalah aplikasi yang sering digunakan untuk membangun website yang berisi tentang pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa evaluasi tersebut dilakukan oleh guru terhadap siswa secara on-line menggunakan jaringan internet dan intranet yang dilakukan di sekolah, khususnya di laboratorium TIK yang ada di sekolah.

0 Response to "Evaluasi Berbasis Web"

Poskan Komentar