BSCS : Pendekatan Molekular (Molecular Approach)

BSCS : Pendekatan Molekular (Molecular Approach)

Eureka Pendidikan. Pendekataan BSCS Blue Version memiliki tujuh prinsip yang sebagian besar dari perspektif biologi molekuler dan berfokus pada bagian struktur seperti sel dan gen yang di awali dengan pengenalan atom, serta pada proses yang terkait dengannya. Pendekataan ini akan menjadi suatu kesalahan, jika dalam  mengasumsikan sesuatu seseorang memahami kehidupan di Bumi namun tidak mempelajari bagian-bagian terkecil karena semua bagian dan proses akhirnya tertuju pada organisme secara keseluruhan, yang pada gilirannya berinteraksi dengan lingkungan eksternal. BSCS Blue Version akan memperkenalkan kamu pada ilmu pengetahuan alam.


a. Pengertian
Pendekatan molekular adalah suatu pendekatan yang mengeksplorasi konsep dasar biologi melalui perspektif molekul dan termasuk ilmu pengetahuan modern dan kemajuan terbaru dalam biologi molekuler. Siswa diajak menggunakan kemampuan intelektualnya dalam  proses penyelidikan yang  dirancang untuk mengintegrasikan biologi dan prinsip-prinsip kimia.

b. Tujuan
Tujuan dari pendekatan molekular adalah agar siswa dapat mengenali kimia sebagai aspek aspek pokok dalam kehidupan, sementara pada tingkat organisme, DNA dan ekspresi genlah yang menentukan bentuk, fungsi, dan sebagian besar perilaku makhluk hidup. Penjelasan mengenai evolusi dan seleksi alam diuji pada tingkat gen dalam populasi.

Adanya pembelajaran biologi dengan pendekatan molekular pada BSCS ini  diharapkan siswa mengembangkan dan menerapkan kemampuan berfikir tingkat tinggi (higher order thinking skills), keterampilan penyelidikan seperti membuat hipotesis, mengumpulkan data, dan menganalisis data.

c. Instruksional
Pendekatan molekular pada BSCS Biology memliliki rancangan inkstruksional berupa inkuiri, dimana pembelajaran dilakukan dengan beberapa tahapan, diantaranya:

  1. Planning and performing investigation (merancang dan melakukan investigasi)
  2. Observing (mengobservasi)
  3. Recording, and interpreting data (merekam dan menginterpretasi data)
  4. Drawing conclusions, and relating the work to other sources of information (membuat kesimpulan dan menghubungkan pekerjaan dengan sumber informasi lain)
Pada proses pembelajaran dengan pendekatan molekular penginvestigasian dikembangkan untuk merefleksi dan memperkuat pendekatan BSCS yang mencoba untuk menyajikan biologi sebagai pengetahuan eksperimental.Penyajian tersebut dilakukan  untuk menunjukkan status biologi di abad 20, dan untuk mengilustrasi  manfaatnya bagi siswa yang akan menghabiskan sebagian besar hidup di abad 21. Yang diutamakan dalam pengembangan pendekatan ini diantaranya tantangan biologi, fokus pada hal yang sedang marak terjadi dan  hubungan yang di rancang untuk mendorong siswa agar mengembangkan dan menggunakan higher level thinking skills (kemampuan berfikir tingkat tinggi), Pada edisi terbaru kegiatan laboratorium menekankan pada keterampilan penyelidikan seperti membuat hipotesis, mengumpulkan data, dan menganalisis data. Pada bagian sintesis siswa ditantang untuk mengintegrasikan konsep di berbagai bab, dan sumber lain yang  dapat memberikan siswa kesempatan untuk menyelidiki suatu konsep.

0 Response to "BSCS : Pendekatan Molekular (Molecular Approach)"

Poskan Komentar