Membangun Pembelajaran Yang Efektif Di dalam Kelas

Membangun Pembelajaran Yang Efektif Di dalam Kelas


Eureka Pendidikan – Belajar merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mentransfer ilmu. Dibutuhkan beberapa syarat agar proses transfer ilmu yang hendak dilakukan dapat tercapai secara maksimal. Transfer ilmu dalam kelas erat kaitannya dengan suasana di dalam kelas.

Memahami Pengertian Pembelajaran Efektif

Pada hakikatnya, proses pembelajaran yang efektif terjadi jika guru dapat mengubah kemampuan persepsi siswa yang awalnya sulit dipahami menjadi mudah mempelajarinya (Popham & Baker, 1992).  Pembelajaran efekti pada dasarnya bergantung pada metode yang digunakan dalam mengajar. Dengan metode mengajar, seorang guru dapat memaksimalkan kegiatan pembelajaran.  pembelejaran efektif juga berkaitan dengan waktu belajar. Setiap kegaitan belajar yang berlangsung disekolah-sekolah selalu terkotak dengan waktu mengajar. Seorang guru dituntut untuk mampu mengelola kegiatan belajar dengan waktu yang sudah ditentukan. Dengan waktu yang sudah ditentukan tersebut, tidak mungkin semua materi dapat tersampaikan dengan baik jika tidak ada  management waktu yang baik pula.



Sedikit penjelasan diatas merupakan dua hal utama untuk membentuk pembelajaran efektif dalam kelas untuk mencapai serangkaian kegiatan dan tujuan belajar yang dicita-citakan.  Dua point utama yang perlu diperhatikan adalah menganalisis semua kebutuhan belajar siswa. Kebutuhan siswa berkaitan dengan kemampuan dan harapan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar. Selanjutnya adalah seorang guru haru memiliki gambaran yang jelas sebelum melakukan pembelajaran. Gambaran ini dapat terlihat dari penyusunan RPP yang dilakukan guru. Semua langkah pembelajaran yang menjadi angan-angan guru sebelum mengajar, dirancang sedemikian rupa kedalam RPP dan digunakan dalam mengajar agar kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana secara terstruktur dan seseuai dengan tahapan yang ingin dicapai dengan sistem penilaian yang sesuai dengan apa yang hendak dinilai.

Mengelola Kelas Pembelajaran Efektif

Pengelolaan kelas yang baik sangat dibutuhkan dalam menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Seorang guru yang professional seharusnya tidak pernah mengeluhkan kondisi dan suasana kelas yang tidak sesuai dengan harapannya. Sebaliknya, dengan kondisi seadanya, guru dituntut untuk mengelola supaya hanya dengan perlengkapan kelas yang minim, mampu mengubah menjadi kelas yang nyaman. Permasalahan kebutuhan kelas memang tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab seorang guru, melainkan semua instansi yang berkaitan.
Pengelolaan kelas tidak melulu berkaitan dengan tata ruang dan tata letak peralatan yang ada didalamnya. Pengelolaan kelas lebih kepada bagaimana guru merencanakan kegiatan belajar mengajar itu berlangsung. Pengelolaan kelas merupakan upaya yang dilakukan guru untuk mengkondisikan kelas supaya kegiatan belajar mengajar dapat teroptimalkan.

0 Response to "Membangun Pembelajaran Yang Efektif Di dalam Kelas"

Posting Komentar