Home / Agama / Panduan Lengkap dan Tata Cara Sholat Tahajud

Selasa, 13 Maret 2018

Panduan Lengkap dan Tata Cara Sholat Tahajud


Eurekapendidikan.com - Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang dinilai paling utama dari sholat-sholat lainnya. Satu-satunya sholat sunnah yang tercantum di dalam Al Quran yaitu sholat tahajud.

Salah satu ayat yang menyebutkan keutaman Sholat tahajud yaitu dalam surat Al Israa' ayat 79

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا 

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79).

Niat Sholat Tahajud

Seperti halnya ibadah-ibadah yang lainnya, mengerjakan sholat tahajud juga harus diawali dengan niat. Baik dilafalkan atau hanya di dalam hati saja. 

Berikut ini adalah lafal niat sholat tahajud yang sering digunakan oleh banyak mahzab Syafi'i

Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini lillahi ta’aalaa

“Aku niat sholat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Tata Cara Sholat Tahajud

Sudah barang tentu setiap melaksanakan ibadah kita tidak bisa asal saja melakukannya. Ada tuntunan dan aturan yang harus kita penuhi ketika melaksanakan suatu ibadah, seperti sholat tahajud, biarpun sunnah, tetap ada tata cara sholat tahajud yang harus dipenuhi.

Sebagaimana dengan sholat sunnah atau wajib yang lainnya, sebelum melaksanakan sholat tahajud pertama yang harus dilakukan adalah memastikan diri bahwa badan telah suci dari hadast yaitu dengan cara berwudhu. Setelah itu, posisikan badan menghadap kiblat dengan badan tegak kaki sedikit terbuka dan lanjutkan melafalkan niat baik diucapkan ataupun di dalam hati.

Berikut ini adalah beberapa rincian tata cara sholat tahajud
  1. Mengucapkan niat sholat tahajud, usahakan sampai hati benar-benar tenang dan fokus hanya pada Allah.
  2. Mengucapkan takbir sambil mengangkat kedua tangan seperti sholat seperti biasa
  3. Membaca doa iftitah, (sebagian ulama menganggap doa ini sunnah,)
  4. Membaca Al-Fatihah
  5. Membaca surat pendek
  6. Melakukan gerakan ruku’, i’tidal, sujud, hingga salam sambil membaca bacaan untuk gerakan tersebut kemudian mengucapkan salam. Seperti pada sholat-sholat sunnah dan wajib lainnya. yang membedakan hanya di rokaat saja. Pada sholat sunnah, seperti sholat tahajud, rokaat sebanyak dua rokaat kemudian salam. Boleh diulang sampai berulangkali dengan tuntunan seperti no 1 - 6

Doa Sholat Tahajud

Setiap muslim senantiasa berlomba-lomba menjadi manusia yang dekat dengan Allah. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan ibadah malam seperti sholat tahajud.

Allah SWT sendiri yang memberikan garansi kepada siapa saja yang dengan ikhlas dan khusuk melaksanakan sholat tahajud dengan mengabulkan semua permintaan dari hamba-Nya.

Sebagaimana yang tercata dalam HR. Bukhari berikut ini

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ 

Artinya: “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari)

Berdoalah sebagaimana hatimu ingin berdoa. Berdoalah yang terbaik dengan bahasa yang baik. Allah Maha Mengetahui segala bahasa. Jadi gunakanlah bahasa yang kamu pahami.

Keutamaan Sholat Tahajud 

Keutamaannya sangat luar biasa, yang membuat kita seharusnya termotivasi untuk membiasakan diri mengamalkannya.

1. Memperoleh Kedudukan Terpuji
Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Isra ayat 79 di atas, siapa yang ahli sholat tahajud akan diangkat Allah ke tempat/kedudukan terpuji.

2. Kunci Masuk Surga
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)

3. Sholat Sunnah Paling Utama
Tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau sholat lail merupakan sholat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

“Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)

4. Kemuliaan dan Kewibawaan
Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli shalat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

5. Doanya Dikabulkan
Orang yang mengerjakan sholat tahajud kemudian berdoa, insya Allah doanya dikabulkan Allah. Apalagi jika ia melakukannya di sepertiga malam yang terakhir.

6. Kebiasaan Orang Shalih
Sholat ini merupakan kebiasaan orang-orang shalih terdahulu. Maka siapa yang saat ini senantiasa mengerjakannya, maka ia pun tercatat sebagai orang-orang yang shalih sebagaimana mereka.

“Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

7. Penghapus dan Pencegah Dosa
Setiap orang pasti memiliki dosa. Dosa-dosa yang kecil bisa berguguran dengan menjalankan sholat sunnah ini sebagaimana hadits di atas.

Yang lebih istimewa lagi, tahajud juga bisa mencegah seseorang dari perbuatan dosa. Orang yang melazimkan tahajud akan mendapatkan taufiq dari Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga dirinya terjauhkan dari maksiat dan dosa.

8. Menolak Penyakit
Di antara keutamaan tahajud adalah menolak penyakit. Dengan izin Allah, orang-orang yang mengamalkan shalat sunnah ini akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan dari penyakit. Keutamaan ini telah terbukti secara medis

Semoga Panduan dan Tata Cara Sholat Tahajud ini dapat membantu dalam melaksanakan ibadah malam Anda.

Share This

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar