Macam-Macam Perangkat Lunak Plagiarism Checker

Macam-Macam Perangkat Lunak Plagiarism Checker


Berkaitan dengan maraknya tindakan plagiarisme terdapat sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai penilai dan penyelidik suatu tulisan dan karya terhadap kemiripan dengan tulisan atau karya yang lain. Perangkat lunak ini sering disebut plagiarism checker. Plagiarism checker ini memiliki kemampuan untuk menghitung, mengolah dan mencari seberapa tinggi tingkat kemiripan atau kesamaan dari tulisan atau karya tersebut. Macam-macam perangkat lunak plagiarism checker ini berkembang pesat. Perangkat lunak yang sering digunakan untuk mengetahui tingkat kemiripan antara lain Turnitin, Plagiarism checker dari SmallSEOtools, Copyscape, Plagiarism Scanner, Articlechecker.com, Plagiarismchecker.com, Plagium, Plagiarismcheck.org, Viper, plagiarisma.net, plagsan, quetext, plagiarismsoftware.net dan lain sebagainya. 

1. Turnitin

Turnitin merupakan salah satu plagiarism checker. Sistem perangkat lunak ini berbasis pada website. Halaman website untuk turnitin yaitu www.turnitin.com. Perangkat lunak ini bekerja sesuai dengan pengecekan yang dilakukan tiap teks yang dimasukkan ke dalam menunya. Pengecekan plagiarisme ini dapat digunakan sebagai penilaian yang hanya berbasis pada sekumpulan repository saja. Disisi lain, dibandingkan dengan plagiarism checker yang lain. Turnitin memiliki tingkat kemudahan yang relatif mudah dipelajari dan fleksibel. Selain itu sistem yang ada di turnitin memiliki fitur-fitur yang sangat cocok dalam bidang akademisi. Di mana struktur yang ada di dalam turnitin dapat disesuaikan dengan sistem pembelajaran yang ada di kelas.

Turnitin, plagiarisme, plagiarism

Tampilan Home Turnitin (Sumber: https://www.turnitin.com/)

2. Plagiarism checker dari SmallSEOtools

Plagiarism checker dari SmallSEOtools merupakan perangkat lunak plagiarisme checker yang kerap digunakan karena sistem yang mudah. Plagiarism checker ini dapat di akses melalui laman https://smallseotools.com/plagiarism-checker/. Tipe plagiarism checker ini dirancang melalui program website. Selain dapat diakses melalui website, plagiarism checker ini juga dapat diakes melalui aplikasi yang ada di smartphone baik berbasis android, iOS, maupun mac app store. 


plagiarisme, plagiarism, SmallSEOtools

Tampilan Home Plagiarism Checker dari SmallSEOtools (Sumber: https://smallseotools.com)

3. Copyscape

Copyscape merupakan salah satu jenis perangkat lunak yang digunakan sebagai plagiarism checker. Namun dalam sistem ini bukan sebagai pengecekan tulisan namun sebuah website yang mewadahi pengecekan dalam penulisan artikel yang ada di blog ataupun di website. Indikasi dari plagiarism dalam plagiarism checker ini yaitu munculnya situs dalam penggalan kalimatnya dalam artikel. Apabila sudah dilakukan pengecekan namun tidak muncul url dalam kalimat di artikel. Maka hal tersebut menandakan bahwa tulisan atau artikel yang dibuat tidak memiliki indikasi plagiarism.


Copyscape, plagiarisme, plagiarism

Tampilan Home Copyscape (Sumber: http://copyscape.com/)

4. Plagiarism Scanner

Plagiarism scanner merupakan salah satu jenis plagiarism checker yang dapat diakses secara online melalui website. Alamat website yang digunakan untuk melakukan pengecekan dalam plagiarism scanner ini yaitu http://www.dustball.com/. Plagiarism checker ini berjenis berbayar. Plagiarism checker ini memiliki sistem pengoperasian yang mudah dalam mengoperasikannya. Fitur yang di lakukan bukan file yang diupload melainkan tulisan yang ingin kita ketahui tingkat plagiarismenya. Kita harus mengcopy semua teks dan memindahkannya ke dalam kolom teks. Selanjutnya dapat diklik tombol check the paper. Selanjutnya kalimat yang dicheckan akan menunjukkan indikasi plagiarism apabila kalimat atau teks berwarna merah. 

Plagiarism scanner, plagiarisme

Tampilan dustball pada menu plagiarism checker (Sumber: http://plagiarism.checker.ink/)

5. Articlechecker.com

Articlechecker.com merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan sebagai pengecekan plagiarism. Plagiarism checker ini dapat digunakan dengan mendaftarkan data diri sebagai pengguna. Sehingga jika pengguna tidak mendaftarkan diri sebagai pengguna maka tidak dapat menggunakan fasilitas yang terdapat dalam articelchecker.com.


Articlechecker.com, plagiarisme, plagiarism

Tampilan home articlechecker.com (Sumber: http://www.articlechecker.com/#essaycheck)

6. Plagiarismchecker.com

Plagiarismchecker.com merupakan salah satu perangkat lunak yang mudah dalam melakukan untuk pengecekan plagiarism. Plagiarismchecker.com ini menelusuri kalimat atau teks yang terdapat di bawah naungan server google ataupun yahoo. Sehingga apabila artikel atau tulisan yang dicuri dari google atau yahoo, langsung dideteksi secara otomatis. Apabila hasil pengecekan benar terjadi pencurian artikel maka terjadi proses pengalihan ke mesin google atau yahoo secara langsung terhadap artikel yang dicuri tersebut.

Plagiarismchecker.com, plagiarisme

Tampilan home Plagiarismchecker.com (Sumber: http://www.plagiarismchecker.com/)

7. Plagium

Plagium merupakan salah satu perangkat lunak plagiarism checker yang dapat diakses melalui browser. Plagium ini juga merupakan salah satu jenis perangkat lunak yang berbayar. Plagium memberikan fasilitas berupa dua jenis pengecekan yakni quick search dan depth search. Plagium memberikan tarif sebesar $0.04/halaman pada proses pengecekan quick search. Layanan yang diberikan pada quick search berupa pemasukan artikel yang dicopy secara manual. Pada fitur ini belum terdapat fitur unggah dokumen. Sehingga jika dalam proses pengecekan harus dalam bentuk word, atau sejenisnya. Sehingga pengguna merasa kesusahan jika file berupa gambar atau pdf. Selain itu untuk tipe pencarian yang quick search ini memiliki tingkat keakuratan yang hanya dasar.
Sedangkan untuk depth search diberikan biaya sebesar $0.08/halaman. Fitur yang disediakan dalam pengecekan tipe depth search memiliki tingkat keakuratan yang tinggi. Sehingga menghasilkan tingkat artikel atau tulisan yang benar-benar valid bukan karya orang lain. Sedangkan untuk fitur-fitur yang terdapat pada perangkat lunak ini harus dilakukan registrasi terlebih dahulu untuk menggunakannya.


Plagium, plagiarisme, plagiarism

Tampilan home plagium (Sumber: www.plagium.com)

8. Plagiarismcheck.org

Plagiarismcheck.org merupakan salah satu perangkat lunak yang melakukan pengecekan plagiarism. Fitur yang diberikan dalam perangkat lunak ini berupa unggah dokumen dan langsung melakukan pengecekan. Namun untuk menggunakan perangkat lunak ini dibutuhkan registrasi akun pengguna.


Plagiarismcheck.org, plagiarisme
Tampilan home plagiarismcheck.org (Sumber: https://searchenginereports.net/plagiarism-checker/)

9. Viper

Viper merupakan salah satu jenis perangkat lunak plagiarism checker yang berjenis aplikasi. Secara otomatis, ketika ingin menggunakan perangkat lunak ini harus melakukan pemasangan program dalam perangkat keras yang kita miliki. Aplikasi ini dapat diunduh melalui laman resminya yakni scanmyessay.com. Bagian dalam pendaftaran akun pengguna mewajibkan pengguna untuk terkoneksi dalam jaringan internet. Dalam hasil pengecekan yang dilakukan oleh software viper ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi. 

Viper, plagiarisme, plagiarism

Tampilan website viper (Sumber: scanmyessay.com)

10. Plagiarisma

Plagiarisma merupakan jenis perangkat lunak dari plagiarism checker yang memiliki akses gratis. Plagiarisma dapat diakses melalui website resminya yaitu plagiarism.net. Fasilitas plagiarism checker ini diberikan gratis khususnya untuk pengajar dan peserta didik. Fitur plagiarism checker ini dapat mengupload secara langsung filenya atau mencopy bagian text yang dilakukan pengecekan. Dalam website plagiarism ini juga diberikan akses aplikasi yang dapat diinstall dalam program windows. Dokumen yang dapat diunggah dalam website plagiarism agar dapat dilakukan pengecekan harus memiliki format dokumen antara lain txt, html, rtf, doc, docx, pptx, xlsx, xls, pdf, odt, epub, fb2, dan lain sebagainya. Untuk melakukan proses pengecekan dapat dilakukan dengan melakukan registrasi akun pengguna sehingga dapat dilanjutkan untuk program pengecekan plagiarism.


Plagiarisma, Plagiarisme, Plagiarism
Tampilan home plagiarisma (Sumber: http://plagiarisma.net/)

11. Plagscan

Plagscan merupakan perangkat lunak plagiarism checker yang dapat diakses melalui laman plagscan.com. Plagscan ini melakukan pengecekan dari komputer, penyimpanan online, atau langsung hasil salinan langsung dari teks tulisan artikel ilmiah. Sumber yang dijadikan pengecekan ribuan sumber baik dari jurnal sains maupun dari artikel maupun sumber-sumber lain yang relevan. Sebagai pelaporan plagiarism dapat berupa teks, kalimat, maupun berupa sitasi yang langsung tanpa dikelola. Jumlah hasil pengecekan dikonversikan seberapa besar tingkat plagiarism yang dilakukan. 


Plagscan, plagiarisme, plagiarism

Tampilan Home Plagscan (Sumber: https://www.plagscan.com/plagiarism-check/)

12. Quetext

Quetext merupakan perangkat plagiarism checker yang dapat diakses melalui laman quetext.com. Apabila berminat menggunakan layanan quetext, terlebih dahulu harus mendaftar sebagai akun pengguna. Situs ini terdiri dari lebih 2 juta pengguna baik guru maupun siswa sebagai pengguna aktif. Quetext ini memberikan layanan langganan dua jenis. Layanan yang diberikan oleh quetext berupa layanan free dan pro. Akun pengguna pro diberikan dengan biaya $9.99 / bulan. Dalam pengunggahan file yang digunakan dapat berupa doc, docx maupun pdf.


Quetext, plagiarisme, plagiarism

Tampilan home quetext (Sumber: https://www.quetext.com)

13. Plagiarismsoftware.net

Plagiarismsoftware.net merupakan perangkat lunak yang memiliki fitur yang cukup lengkap. Plagiarism checker ini dapat diakses melalui laman https://www.plagiarismsoftware.net/. File yang dapat diunggah melalui sistem tersebut harus berformat docx dan txt. Selain fitur pengecekan tulisan, plagiarism checker ini memberikan fasilitas pengecekan alamat url. Url atau laman website yang digunakan dapat dimasukkan secara langsung dalam kolom yang telah disediakan. 


Plagiarismsoftware.net, plagiarisme

Tampilan home plagiarismsoftware.net (Sumber: https://www.plagiarismsoftware.net/)


Sumber

Surya, F. Finali, Z. dan Mahmudi, K. 2018. Pengantar Teknologi Informasi: Berbasis CPD  (Citation and Plagiarism Detection). Jember: UNEJ Press.

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Perangkat Lunak Plagiarism Checker"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel