Rangkuman Materi dan Pembahasan Soal IPA Tema 3 Sub Tema 1 SD Kelas 6

Rangkuman Materi dan Pembahasan Soal IPA Tema 3 

Sub Tema 1 SD Kelas 6


Kompetensi Dasar IPA

3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungisnya dalam rangkaian listrik sederhana
4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel

Komponen Listrik 

Rangkaian listrik adalah hubungan sumber listrik dengan alat-alat listrik lainnya yang mempunyai fungsi tertentu. Berdasarkan susunan hubungan alat-alat listrik, rangkaian listrik dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu rangkaian listrik seri, rangkaian paralel, dan rangkaian campuran (seri-paralel). Pada artikel ini akan dibahas mengenai rangkaian seri sedangka rangkaian paralel dan campuran akan dibahas pada artikel lain.

Terdapat beberapa komponen yang diperlukan untuk membuat rangkaian listrik. Komponen-komponen penyusun rangkaian listrik dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu komponen penyedia energi listrik dan komponen pengguna energi listrik.

Susunan komponen-komponen di dalam suatu rangkaian listrik akan dialiri oleh arus listrik jika memenuhi syarat berikut :
1. memiliki sumber tegangan untuk membuat arus mengalir
2. memiliki hambatan listrik
3. berupa rangkaian tertutup

Fungsi Komponen Listrik

Kita dapat menggunakan komponen-komponen yang ada di sekitar jika ingin menyusun sebuah rangkaian listrik sederhana. Kita harus berhati-hati saat menyusun sebuah rangkaian listrik. Kita juga perlu mempelajari berbagai komponen penyusun rangkaian listrik dna fungsinya terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan saat menyusun rangkaian listrik.

Fungsi baterai sebagai sumber energi. Terdapat kutub (+) dan kutub (-) pada baterai yang harus diletakkan dengan posisi kutub (+) bertemu dengan kutub (-).

Fungsi kabel untuk mengalirkan arus listrik dari baterai hingga mencapai lampu. Terdapat dudukan lampu untuk mengaitkan tembaga pada kabel sehingga arus listrik akan mencapai filamen pada bagian lampu.

Fungsi sakelar untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik.

Fungsi lampu untuk menunjukkan adanya arus listrik yang mengalir di dalam rangkaian listrik saat sakelar dinyalakan.

Rangkaian Seri

Pada rangkaian seri, arus listrik di dalam rangkaian mengalir tanpa melalui cabang. Arus listrik yang mengalir melalui salah satu alat listrik di dalam rangkaian juga akan mengalir melalui alat listrik lain di dalam rangkaian tersebut. Rangkaian seri biasanya terdapat pada lampu senter.

Pada rangkaian seri, baterai dan lampu diletakkan sejajar. Arus listrik yang mengalir pada rangkaian seri hanya berada dalam satu aliran kabel yang menghubungkan semua lampu (tidak ada percabangan).

Oleh karena itu, jika terdapat lebih dari satu lampu pada rangkaian seri, maka jika satu lampu dibuka atau aliran dari satu kutub baterai diputus maka semua lampu akan mati.

Menyusun Rangkaian Seri Sederhana 

Berikut cara membuat rangkaian seri :
1. Sediakan lampu pijar berukuran kecil, dua dudukan lampu, kabel, dua buah baterai, dan sebuah saklar.
2. Susunlah komponen-komponen listrik tersebut menjadi sebuah rangkaian listrik seperti gambar di bawah ini.

rangkaian seri


3. Setelah rangkaian listrik tersebut selesai, cobalah menekan tombol pada saklar. Hal ini dilakukan untuk menguji apakah kedua lampu pada rangkaian listrik tersebut menyala atau tidak. Jika lampu tidak dapat menyla, perbaikilah rangkaian listrik yang kamu buat hingga kedua lampu dapat menyala.
4. Tekan kembali tombol pada saklar tersebut untuk mematikan lampu.

Soal dan Pembahasan

Bagian A

1. Berikut ini yang bukan syarat arus listrik dapat mengalir dalam rangkaian listrik adalah …
a. berupa rangkaian terbuka
b. berupa rangkaian tertutup
c. memiliki sumber tegangan
d. memiliki hambatan listrik

(a) Terdapat beberapa syarat agar arus listrik dapat mengalir di dalam suatu rangkaian, yaitu rangkaian tersebut berupa rangkaian tertutup, memiliki sumber tegangan, dan memiliki hambatan listrik.

2. Pada sebuah rangkaian listrik sederhana, sakelar berguna untuk …
a. sumber arus listrik pada rangkaian listrik
b. menghubungkan komponen-komponen dalam rangkaian listrik
c. mengetahui ada tidaknya arus listrik yang mengalir dalam rangkaian listrik
d. menghubungkan dan memutuskan aliran listrik

(d) Saklar merupakan komponen listrik yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik di dalam suatu rangkaian.

Perhatikan gambar berikut untuk mengerjakan soal nomor 3-5!

rangkaian seri


3. Jenis rangkaian listrik di atas adalah …
a. rangkaian seri
b. rangkaian paralel
c. rangkaian seri-paralel
d. rangkaian campuran

(a) Gambar pada soal menunjukkan sebuah rangkaian dimana lampu disusun secara berjajar dan baterai juga disusun secara berjajar. Hal ini menunjukkan bahwa rangkaian tersebut termasuk rangkaian seri.

4. Komponen listrik yang dirangkai secara berurutan adalah …
a. sakelar
b. kabel
c. bel listrik
d. lampu

(d) Pada rangkaian seri dalam gambar, terdapat tiga buah lampu yang disusun secara berjajar atau berurutan dan terdapat tiga buah baterai yang disusun secara sejajar.

5. Jika lampu A mati, hal yang terjadi adalah … (Soal Higher Order Thinking Skills)
a. lampu B dan lampu C sama-sama hidup
b. lampu B menyala sedangkan lampu C mati
c. lampu B mati sedangkan lampu C menyala
d. lampu B dan lampu C sama-sama mati

(d) Pada rangkaian seri dalam gambar, jika salah satu lampu mati atau dilepas, dua lampu yang lain akan ikut mati. Jadi, jika lampu A dilepas maka lampu B dan lampu C sama-sama mati.

Bagian B

1. Sebutkan komponen-komponen yang diperlukan untuk menyusun rangkaian listrik sederhana!

Jika kita ingin menyusun sebuah rangkaian listrik sederhana terdapat beberapa komponen yang kita perlukan yaitu lampu, dudukan lampu, kabel, baterai, dan sakelar.

2. Jelaskan peran lampu dalam sebuah rangkaian listrik sederhana!

Pada rangkaian listrik sederhana, lampu berperan untuk menguji apakah arus listrik mengalir di dalam rangkaian atau tidak. Jika lampu menyala artinya arus listri mengalir di dalam rangkaian. Sebaliknya, jika lampu tidak menyala artinya tidak ada arus listrik yang mengalir di dalam rangkaian.

3. Terdapat hambatan listrik di dalam sebuah rangkaian listrik. Disamping itu, sebuah baterai dipasang pada rangkaian listrik tersebut. Meski demikian, rangkaian listrik tersebut tidak dialiri listrik. Mengapa demikian? Jelaskan jawabanmu! (Soal Higher Order Thinking Skills)

Syarat agar arus listrik mengalir di dalam suatu rangkaian yaitu rangkaian tersebut harus berupa rangkaian tertutup, memiliki sumber tegangan, dan memiliki hambatan listrik. Berdasarkan keterngan pada soal, telah ada hambatan listrik di dalam rangkaian tersebut. Pada rangkaian tersebut juga terdapat baterai sebagai sumber tegangan. Jika arus listrik masih tidak mengalir di dalam rangkaian, hanya ada satu kemungkinan yaitu rangkaian yang disusun berupa rangkaian terbuka.
Jadi, rangkaian listrik tersebut tidak dialiri listrik karena rangkaian listrik berupa rangkaian terbuka.

4. Apa kelemahan rangkaian seri dibandingkan rangkaian paralel!

Rangkaian seri memiliki beberapa kelemahan dibandingkan rangkaian paralel, yaitu :
a. Jika salah satu lampu mati, maka lampu yang lain juga ikut mati.
b. Hambatan pada rangkaian seri lebih besar dibandingkan rangkaian paralel.
c. Nyala lampu lebih redup.
d. Lebih boros listrik.

5. Gambarlah sebuah rangkaian seri pada kolom berikut!

rangkaian seri

Sumber

Pratama, Hasan. 2019. Maestro Buku Pendamping Seri Tematik Terpadu untuk SD/MI 6. Sukoharjo: CV Hasan Pratama.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Tematik Terpadu: Tema 3 Tokoh dan Penemuan (Buku Siswa SD/MI Kelas 6). Sidoarjo: PT. Rumah Cetak Kita.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Tematik Terpadu: Tema 3 Tokoh dan Penemuan (Buku Guru SD/MI Kelas 6). Sidoarjo: PT. Rumah Cetak Kita.



Tidak ada komentar untuk "Rangkuman Materi dan Pembahasan Soal IPA Tema 3 Sub Tema 1 SD Kelas 6"